Penjelasan Lengkap Mengenai Unsur-Unsur Komunikasi

Komunikasi memang selalu melibatkan beberapa unsur yang menjadi syarat terjadinya proses komunikasi. Dalam hal mengetahui unsur-unsur komunikasi....

Penjelasan Lengkap Mengenai Unsur-Unsur Komunikasi

Banyak pakar menilai bahwa komunikasi adalah suatu kebutuhan yang sangat fundamental bagi manusia dalam hidup bermasyarakat. Manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa berhubungan dengan manusia lainnya. Karena manusia mempunyai rasa ingin tahu akan lingkungan sekitarnya, bahkan ingin mengetahui apa yang terjadi dalam dirinya. Melalui rasa ingin tahu ini memaksa manusia perlu melakukan komunikasi.
Sebagai makhluk sosial setiap manusia akan saling berhubungan dengan manusia lainnya. Untuk menjalin hubungan tersebut maka harus melakukan komunikasi. Komunikasi itu sendiri ada dimana-mana, seperti dirumah, disekolah, di kantor dan di semua tempat melakukan sosialisasi. Artinya hampir seluruh kegiatan manusia selalu melibatkan komunikasi. Untuk itu sangat penting bagi kita mempelajari bagaimana berkomunikasi yang baik. Sobat juga bisa membaca artikel Lakukan 6 Langkah Ini Untuk Memperluas Pergaulan.
Komunikasi sebagai praktik sudah ada seiring dengan diciptakannya manusia, dan manusia menggunakan komunikasi dalam rangka melakukan aktivitas sosialnya. Dan dengan komunikasi manusia melakukan interaksi. Komunikasi merupakan sendi dasar terjadinya proses interaksi sosial, karena tanpa komunikasi kehidupan manusia tidak akan berkembang dan tidak akan menghasilkan kebudayaan yang tinggi. Dengan komunikasi manusia dapat mengekspresikan apa yang diinginkannya.
Komunikasi mempunyai banyak definisi sesuai dengan pendapat para ahli-ahli komunikasi. Edward Depari mengemukakan pendapatnya yang dikutip oleh Suranto A. W (2005: 15), bahwa komunikasi adalah penyampaian gagasan, harapan dan pesan yang disampaikan melalui lambang tertentu, mengandung arti, dilakukan oleh penyampai pesan ditujukan kepada penerima pesan".
Sedangkan H.A.W Widjaja (2002: 8) mengungkapkan bahwa komunikasi adalah    penyampaian informasi dan pengertian dari seseorang kepada orang lain. Komunikasi akan dapat berhasil baik apabila sekiranya timbul saling pengertian, yaitu jika kedua belah pihak si pengirim dan penerima informasi dapat memahami. Dari kutipan-kutipan tersebut dapat disimpulkan bahwa komunikasi merupakan proses penyampaian suatu informasi, baik berupa pesan, simbol, ide atau gagasan yang dilakukan oleh komunikator atau pengirim pesan kepada komunikan atau penerima pesan. pembahasan lebih lanjut mengenai definisi komunikasi bisa Sobat baca di artikel Definisi Komunikasi.
Dari beberapa pengertian komunikasi yang telah dikemukakan, jelas bahwa dalam komunikasi memang selalu melibatkan beberapa unsur yang menjadi syarat terjadinya proses komunikasi. Dalam hal mengetahui unsur-unsur komunikasi Onong Uchjana Effendi mengutip model komunikasi yang disampaikan Philip Kotler, yaitu:[1]

Model Komunikasi

Dalam model komunikasi diatas terdapat beberapa unsur komunikasi, diantaranya: sumber, encoding, message, media,decoding, response, feedback dan noise. Sementara itu Alo liliweri menjelaskan unsur komunikasi yang lebih lengkap. Adapun unsur-unsur dari sebuah proses komunikasi menurut Alo Liliweri meliputi:[2]
a.       Sumber
Merupakan seorang komunikator yang bertindak sebagai penirim atau encoder, dia yang memulai proses komunikasi. Seorang komunikator berperan sebagai editor, reporter, sutradara film, guru, penulis, pembicara, pemimpin atau siapa saja yang mengambil inisiatif untuk memulai komunikasi.
b.      Encoding
Merupakan proses untuk mensandi pesan yang hendak dikomunikasikan ke dalam bentuk yang dapat dikirim sehingga pesan tersebut dapat diterima oleh penerima secara baik, benar dan lengkap.
c.       Pesan
Pesan merupakan ide, pikira  atau perasaan yang ingin disampaikan oleh sumber kepada penerima. Pesan mengambil bentuk dalam symbol (kata dan frasa) yang dapat dikomunikasikan sebagai ide melalui ekspresi wajah, gerakan tubuh, kontak fisik dan nada suara.
d.      Saluran
Sebuah saluran ibarat kendaraan yang mengangkut pesan dari pengirim kepada penerima. Saluran komunkasi bisa berbentuk ucapan kata-kata verbal dan non verbal, saluran media massa seperti TV, radio, surat kabar dan buku.
e.       Decoding
Decoding adalah penafsiran pesan oleh penerima (decoder) agar pesan tersebut bermakna sebagaimana yang dimaksudkan oleh pengirim.
f.       Penerima
Penerima merupakan orang yang menerima pesan dan menerjemahkanya dalam makna tertentu
g.      Gangguan
Gangguan adalah noise atau hambatan bagi kelancaran proses pengiriman pesan dari pengirim kepada penerima. Dalam proses komunikasi gangguan merupakan campur tangan beragam faktor terhadap proses encoding dan decoding.
h.      Umpan balik
Umpan balik adalah reaksi atau respon yang diberikan oleh penerima terhadap pesan dari pengirim. Reaksi atau respon juga bisa berbentuk verbal dan nonverbal. Ada yang menyebutkan “umpan balik eksternal” (suatu yang kita lihat) atau umpan balik internal (sesuatu yang kita tidak bisa melihat). Umpan balik sangat bermanfaat bagi seseorang komunikator untuk menyesuaikan pesanya agar lebih efektif. Tanpa umpan balik, tidak akan ada cara untuk mengetahui apakah maknapesan telah berbagi atau sudah dimengerti oleh penerima.
i.        Konteks
Konteks menerangkan situasi dan kondisi yang melibatkan jumlah peserta komunikasi. Konteks komunikasi juga bisa dalam bentuk situasi sosial, psikologi, dan antropologis. Jenis konteks lain seperti situasi fisik seperti udara yang panas, lembab atau udara yang dingin.





[1] Onong Uchjana Effendy, Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek, (Bandung : PT.Remaja Rosda Karya, 2007),  Cet. 22, hlm. 18.
[2] Alo Liliweri, Komunikasi Antarpersonal, (Jakarta: Kencana, 2015), Edisi 1, hlm. 65-71.

COMMENTS

Name

1000 Masjid,2,Belajar,53,Ceritaku,41,Cinta,3,Diri,13,Gaya Hidup,4,Hiburan,11,Islam,6,Komunikasi,20,Manajemen,9,Motivasi,27,Psikologi,2,Public relations,15,Sahabat,5,Sosial,13,Tips,33,Travel,4,Trending,9,Tutorial,2,
ltr
item
Catatan Sinine: Penjelasan Lengkap Mengenai Unsur-Unsur Komunikasi
Penjelasan Lengkap Mengenai Unsur-Unsur Komunikasi
Komunikasi memang selalu melibatkan beberapa unsur yang menjadi syarat terjadinya proses komunikasi. Dalam hal mengetahui unsur-unsur komunikasi....
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhaCOycZj-DeEDa8gR9HFNrXMFPLqn6Yyrq7hwBodpM3VY7KRSYGZDbrdJDDfQPkiSvgeDl4aUw6IaeySepGZw1eKE6FFm2iisfptCRJ6HXu-zGm4cChIBQTKzaFd_KNZrUQgiK2wzmWzYL/s320/Penjelasan+Lengkap+Mengenai+Unsur-Unsur+Komunikasi.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhaCOycZj-DeEDa8gR9HFNrXMFPLqn6Yyrq7hwBodpM3VY7KRSYGZDbrdJDDfQPkiSvgeDl4aUw6IaeySepGZw1eKE6FFm2iisfptCRJ6HXu-zGm4cChIBQTKzaFd_KNZrUQgiK2wzmWzYL/s72-c/Penjelasan+Lengkap+Mengenai+Unsur-Unsur+Komunikasi.jpg
Catatan Sinine
https://catatansinine.blogspot.com/2017/10/unsur-komunikasi.html
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/2017/10/unsur-komunikasi.html
true
6835835787765942029
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy