Tersenyumlah Pada Dunia

Hal yang mudah namun memiliki manfaat luar biasa adalah tersenyum. Dalam hidup seringkali orang melupakan tindakan ini. Alasanya tentu...

Tersenyumlah Pada Dunia

Hal yang mudah namun memiliki manfaat luar biasa adalah tersenyum. Dalam hidup seringkali orang melupakan tindakan ini. Alasanya tentu bermacam-macam, ada yang merasa lelah dengan berbagai tugas, situasi yang gak mendukung, ketidak puasan, bahkan capek menjalani hidup yang monoton. 

Tersenyum adalah tindakan yang paling mudah, paling sederhana, dan paling menyenangkan di dunia. Tersenyum juga pekerjaan yang tidak memerlukan biaya. Coba kita bayangkan betapa susahnya jika untuk tersenyum saja kita harus bayar! Pastinya bakalan bikin kanker (kantong kering). Namun jangan juga tersenyum sendiri atau berlebihan, nanti dikira macem-macem. 

Ada beberapa orang yang bertanya kepada saya, mengapa saya selalu tersenyum. Sebenarnya saya sedikit geli dan bingung untuk menjawabnya. Bahkan ada yang bilang bahwa saya selalu tampak ceria seolah gak punya masalah. Ini yang paling menggelitik hati saya. Padahal saya ini juga cuma manusia biasa yang pasti punya segudang masalah dalam hidup. Tapi apakah dengan tidak tersenyum masalah saya akan selesai dengan sendirinya?

Baca juga:

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa kita harus tersenyum, diantaranya:

1. Senyum itu sedekah
Sedekah itu tidak harus berupa harta atau uang. Sedekah yang sangat mudah untuk kita lakukan, tanpa perlu banyak mengeluarkan tenaga ialah “ senyuman”. Kita hanya perlu sedikit saja menarik wajah dan bibir sehingga menciptakan sebuah senyuman yang indah dan manis. Rasulullah bersabda:

ﺗَﺒَﺴُّﻤُﻚَ ﻓِﻲ ï»­َﺟْﻪِ ﺃَﺧِﻴﻚَ ﻟَﻚَ ﺻَﺪَï»—َﺔٌ

“Senyummu terhadap wajah saudaramu adalah sedekah .” 
(HR. Tirmidzi)

Nah mudah sekali bukan? Cuma dengan tersenyum saja kita bisa mendapatkan pahala sedekah. 

2. Mendapat lebih banyak kebaikan
Pasti banyak yang bertanya apakah benar begitu? Cobalah paksakan diri anda untuk tersenyum mulai dari sekarang. Bahkan cobalah tersenyum meskipun sedang mengalami kesialan atau kemalangan. Tidak peduli seperti apa perasaan anda saat itu, dengan tersenyum akan membuat anda merasa bahagia. 

3. Senyuman dapat merubah keadaan
Merasa putus asa, marah atau bosan merupakan hal yang manusuawi. Dengan tersenyum akan mengubah keadaan emosi anda menjadi lebih positif. Hal ini tidak hanya membuat hidup anda lebih menyenangkan tetapi juga membuka segala kemungkinan lain dalam pikiran anda. Jika anda selalu merasa positif (positive thingking), anda akan melihat dunia dengan cara yang berbeda melalui lensa kebahagiaan. Jika sudah begitu maka anda akan dapat menemukan berbagai hal keren untuk anda lakukan dalam hidup. 

4. Senyuman dapat mengubah orang lain 
Ketika anda sedang berpapasan dengan seseorang, kemudian anda tersenyum kepada orang tersebut, maka hal ini akan membuat keadaan yang berbeda. Orang yang berpapasan dengan anda akan berbalik tersenyum. Hal ini akan banyak membantu mencairkan ketegangan atau kekakuan yang ada. Interaksi anda akan lebih terbuka, santai dan penuh dengan kegembiraan.

Dengan tersenyum anda akan menebarkan aura positif bagi orang sekitar. Sehingga membuat orang-orang disekeliling anda akan memiliki penilaian positif terhadap anda. Tersenyum adalah cara mudah untuk berbagi kebahagiaan. 

5. Tersenyum tidak akan membuat anda rugi
Apakah anda tipe orang yang sulit tersenyum atau tidak punya alasan untuk tersenyum? Jika memang anda bukanlah tipr otang yang mudah tersenyum, maka belajarlah untuk tersenyum mulai sekarang. Dengan begitu anda akan memiliki kebiasaan baru yang lebih positif. Namun jika anda tidak mrmiliki alasan untuk trrsenyum, maka tetaplah tersenyum. Karena anda tidak perlu mencari-cari alasan untuk tersenyum. 

Jika memang anda memilih memasang muka masam dan mulut manyun, apakah hal itu adalah hal terbaik untuk menyelesaikan masalah? Apakah dengan begitu masalah masalah anda akan teratasi? Tentu tidak, hal itu hanya akan membuat anda semakin lelah, capek dan memperburuk perasaan anda. Belum lagi akan mempengaruhi orang sekitar anda. Namun jika memang anda masih kesulitan tersenyum, maka tanyakanlah pada diri anda apa ruginya tersenyum! 

6. Tersenyum itu mudah
Alasan paling sederhana mengapa anda harus tersenyum adalah karena tersenyum sangatlah mudah. Walaupun mungkin ini bukan alasan dengan basis yang kuat, namun tidak dapat dipungkiri bahwa jika dibandingkan dengan tertawa, tersenyum adalah hal yang sangat mudah dan sama sekali tidak membutuhkan upaya lebih. Jadi tidak ada salahnya Anda mencoba untuk tersenyum. 

Nah itulah beberapa alasan mengapa anda harus tersenyum. Tersenyumlah mulai dari sekarang dan dapatkan semua manfaat positif dari tersenyum.

"Tersenyumlah pada dunia, maka dunia akan tersenyum kepadamu."

Tersenyumlah Pada Dunia


COMMENTS

Name

1000 Masjid,2,Belajar,53,Ceritaku,41,Cinta,3,Diri,13,Gaya Hidup,4,Hiburan,11,Islam,6,Komunikasi,20,Manajemen,9,Motivasi,27,Psikologi,2,Public relations,15,Sahabat,5,Sosial,13,Tips,33,Travel,4,Trending,9,Tutorial,2,
ltr
item
Catatan Sinine: Tersenyumlah Pada Dunia
Tersenyumlah Pada Dunia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgoe-TTH4sc97KMJ0_Bde9fgv5k8458Akja9L4KHAPVzxKtOs-6NwtkXgLhiu3iOpUiqLUJXkxxe6IrtYSZ_tWeBXS5n_EM0wdt7Wu9rYitiH3Lm0F_1ceODf7xRcMmOMUI9a4PC0dqPqMM/s320/IMG_20160603_102224.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgoe-TTH4sc97KMJ0_Bde9fgv5k8458Akja9L4KHAPVzxKtOs-6NwtkXgLhiu3iOpUiqLUJXkxxe6IrtYSZ_tWeBXS5n_EM0wdt7Wu9rYitiH3Lm0F_1ceODf7xRcMmOMUI9a4PC0dqPqMM/s72-c/IMG_20160603_102224.jpg
Catatan Sinine
https://catatansinine.blogspot.com/2016/06/tersenyumlah-pada-dunia.html
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/2016/06/tersenyumlah-pada-dunia.html
true
6835835787765942029
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy