Tips sukses dalam mengatur waktu yang tepat.
Hi sobat!!! Pernahkah sobat mengeluh bahwa waktu dalam sehari tidak cukup untuk menyelesaikan setiap hal yang perlu dikerjakan. Mungkin sobat membutuhkan pengaturan dan pengelolaan waktu, untuk membantu sobat memaksimalkan waktu yang sobat miliki.
Baca juga:
“Duh, kok hari ini cepet banget sih?!; Masih capek, pengen tidur lagi nih… ” dan banyak-banyak lagi komentar lainnya yang sejenis.
Jika itu yang sering sobat rasakan, bisa jadi masalahnya bukan ada pada terbatasnya waktu, melainkan pada cara mengelola waktu dan aktivitasmu. Dengan mengelola waktu secara efisien mampu memberikan perubahan besar dalam hidup sobat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips agar kamu bisa mengatur waktu dengan lebih baik lagi.
Baca juga:
Beberapa tips mengatur waktu:
- Biasakan Buat Catatan Kegiatan Tiap Harinya.
Cara Ini Menjadikanmu Lebih Rasional Mengatur Waktu. Sobat bisa mulai membuat catatan kegiatan dengan mencatat apa saja yang akan kamu lakukan tiap 15 menit dalam satu hari, dan lakukan hal ini selama 2 minggu. Kemudian mulai evaluasi dan lihat bagaimana sobat menghabiskan semua waktu yg sobat miliki, sehingga kamu bisa lebih realistis dalam membuat jadwal harianmu.
- Bersikaplah Realistis
Bagilah jumlah waktu yang masuk akal untuk menyelesaikan tiap tugas. Jika sobat berpikir suatu hal akan memakan waktu antara setengah jam dan satu jam untuk diselesaikan, tetapkan waktu satu jam penuh. Bersikap realistis mengenai seberapa lama suatu hal akan memakan waktu akan mencegah sobat merasa kewalahan atau ketinggalan jadwal.
- Belajarlah Untuk Mengatur Apa yang Harus Diprioritaskan
Sobat harus belajar bagaimana secara efisien mengatur prioritas-prioritas sobat. Tugas yang paling penting harus berada di peringkat lebih tinggi dalam daftar. Cobalah untuk menerapkan prinsip Pareto di mana 80 % dari prestasi anda dihasilkan dengan melakukan 20 % usaha Anda. Dengan kata lain, cobalah untuk bekerja cerdas dan sederhana. Jangan mengabaikan tugas-tugas penting Anda untuk mencapai hasil yang tidak signifikan.
Menurut Covey, Merrill and Merrill (1994) cara yang paling baik dalam menentukan kegiatan prioritas adalah dengan membagi kegiatanmu menjadi penting-mendesak, penting-tidak mendesak, tidak penting-mendesak dan tidak penting-tidak mendesak. Setelah itu, gunakan pembagian kegiatan tersebut sebagai panduan untuk beraktivitas. Fokuskan pada hal-hal yang penting (baik mendesak atau tak mendesak) karena pada kegiatan yang penting inilah seharusnya kamu mengalokasi paling banyak waktu yang kamu miliki.
- Hindari Komitmen Ganda
Atur jadwal sobat dengan menghindari jadwal berlebihan atau membuat komitmen pada terlalu banyak proyek atau acara pada waktu yang bersamaan. Periksa lagi kalender sobat sebelum menyetujui apa pun untuk memastikan waktu yang diperlukan masih kosong. Hal ini akan menjaga waktu sobat teratur dan menjaga sobat terikat dengan jadwal rutin sobat.
- Gunakan Sistem Pengingat
Tidak ada salahnya untuk menggunakan buku notes untuk membantu mengatur semua jadwal sobat. Gunakan catatan tempel atau pengingat berbentuk suara atau tulisan pada ponsel sobat pada waktu-waktu tertentu untuk mengingatkan diri sobat melakukan sesuatu atau melihat sesuatu yang sudah dijadwalkan.
Menggunakan notes seperti ini tentu saja memudahkanmu agar “tetap berada di jalur” dan menghindarkanmu dari kegiatan yang menyia-nyiakan waktumu yang berharga itu.
- Merapikan Barang-barang Bisa Membantumu Menghemat Waktu
Merapikan barang-barang seperti kertas, buku, baju hingga pernak pernik yang sobat miliki akan sangat bermanfaat agar tidak kelimpungan saat membutuhkannya. Seringkan sobat menghabiskan untuk mencari barang yang nyelip entah kemana?
Oleh karena itu untuk membuat waktumu lebih efisien dan tidak harus membuang waktu percuma, mulai rapikan barang-barang sobat saat ini juga.
- Walau Ingin Semaksimal Mungkin Memanfaatkan Waktu Tetap Masukkan Hobi Ke Daftar Agenda
Sobat tetap harus memberikan “me time” disela-sela jadwal kegiatan harianmu itu. Mengatur jadwal dan mengelola waktu tidak melulu berkaitan dengan apa yang HARUS kamu lakukan, tapi juga apa yang INGIN kamu lakukan. Bayangkan saja jika dalam sehari hanya bekerja terus tanpa ada waktu buat break? Yakin deh, selain merasa stres kamu bakal jatuh sakit karena terlalu memaksakan diri.
- Mintalah Bantuan
Tidak jarang kegiatan kita tidak berjalan sesuai dengan rencana awal, sehingga kamu merasa waktu dan jadwal semua kegiatanmu terasa mencekikmu. Saat itu terjadi, sebenarnya itu adalah tanda sobat membutuhkan pertolongan dari orang lain.
Dengan meminta pertolongan orang lain sobat akan memiliki waktu tambahan untuk melakukan kegiatan pentingmu yang ternyata menyita lebih banyak waktu daripada perkiraan awalmu.
- Pensiunlah Jadi Penunda Pekerjaan Tingkat Dewa
Kebiasaan untuk menunda adalah kebiasaan buruk yang harus sobat hilangkan mulai kini! Selain tidak produktif, kebiasaan ini akan membuat hari-harimu berantakan dan mencegahmu untuk sukses dalam segala hal.
Sobat perlu belajar untuk mengatasi setiap tugas dan masalah ketika perlu ditangani. Cobalah untuk tidak menunda kegiatan untuk lain waktu, karena di bawah tekanan waktu sobat lebih mungkin untuk melakukan kekeliruan dan mengambil keputusan yang salah.
- Hilangkan gangguan
Atur waktu sobat secara produktif dengan menyingkirkan unsur yang bisa menjadi gangguan atau menyebabkan sobat keluar dari jalur atau ketinggalan jadwal. Jauhkan televisi dan permainan video dari daerah sobat belajar atau kerja sehingga sobat akan fokus pada tugas-tugas yang perlu dilakukan terlebih dahulu dan menyimpan kesenangannya untuk nanti.
- Kombinasi Kegiatan
Jika sobat dapat melakukan dua atau lebih kegiatan dalam satu waktu itu akan jauh lebih efektif dan efisien. Memasak sambil mendengar audio ceramah atau motivasi. Membaca saat dalam antrian atau kendaraan umum. Menulis jadwal kegiatan saat buang air besar. Pokoknya, pintar-pintarlah mengombinasikan kegiatan selama kegiatan itu memang dapat Anda kombinasikan.
Nah, itu dia beberapa cara untuk mengelola waktu agar kamu enggak kelimpungan lagi waktu menjalani kegiatan dan aktivitas yang seabrek. Mulai dicoba yuk…
Sumber :
http://www.akuinginsukses.com/13-tips-manajemen-waktu-yang-akan-merubah-hidup-anda/
http://www.hipwee.com/tips/24-jam-masih-kurang-buatmu-coba-manajemen-waktu-ini-yuk/
https://www.islampos.com/berikut-ini-beberapa-cara-mengatur-waktu-dengan-baik-206434/
http://segiempat.com/tips-dan-cara/umum/6-cara-mengatur-waktu-dengan-efektif/
Terimakasih informasinya
ReplyDeleteTerima kasih telah mengunjungi Catatan Sinine. Semoga bermanfaat dan mohon bantuannya untuk membantu kami dengan cara memberikan kritik dan saran agar kami terus menjadi lebih baik,serta share jika bermanfaat.
Deletemari mengatur waktu agar menjadi lebih baik https://sampaikapan.com/6-tips-mengatur-waktu-agar-produktif/
ReplyDelete