11 Langkah Sukses Public Speaking

salah satu hal yang dapat mendukkung kesuksesan adalah skill public speaking. Ini adalah 11 Langkah Sukses Public Speaking yang dapat membantu kita mencapai kesuksesan public speaking.


11 Langkah Sukses Public Speaking
Skill public speaking atau kemampuan berbicara di depan umum merupakan keterampilan yang amat penting saat ini. Tidak hanya di dunia kerja, namun public speaking mampu menunjang berbagai hal dalam kehidupan. Terlebih lagi di zaman sekarang ini pendidikan bukanlah segala-galanya, karena orang yang memiliki pendidikan tinggi belum tentu mudah diterima oleh orang lain apabila tidak mampu melakukan komunikasi dengan baik. Singkatnya public speaking merupakan sebuag langkah awal penunjang dalam meraih mimpi menjadi kenyataan.

Sayangnya tidak semua orang memiliki skill public speaking yang baik dan banyak pula yang merasa takut untuk berbicara didepan umum. Banyak yang beranggapan bahwa public speaking merupakan bakat atau kemampuan khusus yang alami. Namun sepertinya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Mereka para public speaking profesional yang hebat dan handal juga pastinya tidak secara tiba-tiba mendapatkan skill tersebut, namun melalui proses dan latihan yang panjang.

Tentu saja penyebab kesulitan menjadi public speaker bermacam-macam. Untuk itu sangat penting untuk mengetahui penyebab tersebut, sehingga lebih mudah untuk mengatasinya. Beberapa permasalahan saat melakukan public speaking diantaranya:

1. Minder, Grogi atau Takut
Merasa minder, grogi atau takut saat berbicara di depan umum merupakan hal yang wajar, karena hampir setiap orang mengalaminya. Kesalahanya adalah ketika kita membiarkan perasaan tersebut menguasai diri berlarut-larut. Sehingga semakin lama membuat kita merasa bahwa menjadi seorang public speaking merupakan momok yang mengerikan.
Perasaan minder grogi atau takut ini muncul  karena adanya pikiran negatif dari dalam diri kita. Seringkali kita merasa memiliki banyak kekurangan, tidak pintar, tidak berpengalaman dan takut gagal atau mengecewakan audiens (pendengar). Hal ini juga bisa terjadi karena jumlah peserta yang terlalu banyak/terlalu sedikit, atau juga disebabkan karena status peserta lebih tinggi.

2. Kurangnya Persiapan
Jika persiapan yang kita lakukan kurang maksimal, maka secara otomatis akan memicu rasa khawatir jika materi yang akan disampaikan tidak lancar atau salah. Secara tidak langsung hal ini akan mempengaruhi performa kita saat menjadi public speaker. Maka apabila kita akan menjadi public speaker sebaiknya melakukan persiapan yang matang.
Persiapan disini tidak hanya melulu tentang penguasaan materi, namun juga persiapan mental, mengenali kriteria audiens serta lokasi yang digunakan. Layaknya sebuah band yang akan tampil di depan penonton, sekalipun mereka sudah profesional mereka tetap melakukan berbagai persiapan mulai dari  latihan, mengetahui kriteria penonon dan sound check serta meninjau panggung.

3. Word Filler
Word filler adalah pengucapan kata yang tidak memiliki arti. Kata-kata ini sering disebut bergumam atau mumbling. Seringkali hal ini kita lakukan tanpa kita sadari, secara reflek keluar begitu saja. Jika durasinya terlalu sering maka akan menimbulkan kesan belepotan saat melakukan public speaking. Bergumam seperti “eee”, “eemmm” akan mengganggu kejernihan pesan yang kita sampaikan dan membuat kita terlihat tidak siap membawakan presentasi dihadapan audiens. Untuk mengatasinya kita harus sadar dulu Word filler yang sering kita lakukan itu seperti apa, karena masing-masing orang akan berbeda.  Jika belum mengetahuinya akan sulit memperbaikinya.

4. Trauma atau Pengalaman Negatif
Pengalaman negatif saat menjadi public speaking ini juga bisa menjadi penghalang kesuksesan melakukan public speaking. Hal ini karena seseorang yang memiliki trauma cenderung merasa bahwa kegagalan yang sama akan menimpa dirinya. Trauma bisa muncul karena pengalaman pribadi atau pengalaman melihat orang lain.

Nah, setelah kita mengetahui permasalahan yang membuat kita kesulitan melakukan public speaking sekarang saatnya kita mengatasinya. Cara efektif untuk mencapai kesuksesan public speaking salah satunya persiapan yang matang. Bahkan presenter atau pembicara profesional kelas duniapun selalu melakukan persiapan sebelum mereka presentasi. Lalu apa saja yang harus kita siapkan? Berikut ini 11 langkah sukses public speaking :

Baca Juga:
Pertama, luruskan niat. Seorang yang mampu menjadi public speaking yang baik biasanya niatnya bukan hanya karena untuk mendapatkan uang atau kepopuleran semata. Yang perlu kita tanamkan pada diri adalah kita berbicara untuk berbagi pengetahuan serta membuat kehidupan seseorang menjadi lebih baik. Meluruskan niat bisa jadi cara sederhana menghilangkan perasaan grogi, minder dan takut.

Kedua, Pastikan materi yang akan kita bawakan sudah benar-benar siap serta mudah untuk di pahami audiens. Hal ini karena sebagus apapun isi materi namun apabila sulit dipahami akan percuma. Pastinya dalam point ini kita harus menyusun materi dengan sebaik mungkin serta menyesuikanya dengan audiens. Selain itu kita juga harus benar-benar menguasai materi sehingga menambah rasa kepercayaan diri.

Ketiga, Banyak orang yang merasa bahwa latihan sebelum melakukan public speaking tidaklah penting, padahal latihan akan membuat skill public speaking kita meningkat. Semakin sering latihan akan membuat kita lebih lancar menyampaikan materi. Kita juga perlu melatih bercerita atau memberikan humor kepada audiens. Apabila kita memiliki permasalahan dengan Word filler maka sering-seringlah latihan dengan cara direkam sehingga kita akan mengetahui dimana titik yang harus diperbaiki.

Keempat, kenali audiens anda. Dengetau karakteristik audiens kita, maka lebih memudahkan mengemas pesan-pesan yang akan anda sampaikan. Tentu akan berbeda menyampaikan pesan kepada anak-anak dan orang tua, untuk itu penting bagi seorang publik speaker untuk mengenali audiens nya. Kita bisa membaginya berdasarkan segi usia, strata sosial, pekerjaan, letak geografis dan lainya.

Kelima, upayakan selalu datang lebih awal untuk mempersiapkan diri, dengan datang lebih awal kita memiliki waktu untuk menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi di lokasi. Kita juga perlu mengecek perlengkapan dan alat yang akan kita gunakan untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana.

Keenam, hilangkan rasa takut. Sesungguhnya ketakutan itu terletak dalam pikiran kita sendiri, seringkali apa yang kita takutkan tidak pernah terjadi. Saat kita merasa tidak percaya diri biasanya tubuh akan merespon dan melakukan reaksi seperti posisi tubuh sedikit membungkuk, tatapan cenderung kebawah, kadang tangan juga berkeringat. Kita bisa merubah perasaan takut, grogi dan minder yang ada didalam fikiran kita dengan merubah gerak fisik, karena fikiran dan tubuh merupakan satu kesatuan.

Ketujuh, lakukan pemanasan sebelum tampil. Kita bisa mengambil waktu sejenak untuk melakukan pemanasan, jangan biarkan tubuh dalam posisi diam penuh kegusaran, mulai gerakkan tangan dan kaki, ubah posisi tubuh menjadi lebih tegak dan tersenyumlah.


Kedelapan, yakinkan diri bahwa kita bisa. Ketika perasaan takut, grogi dan minder datang seringkali akan banyak sekali kalimat-kalimat yang melemahkan yang menari-nari di kepala. Jika ini sudah terjadi maka lakukan self talk, bicaralah pada diri sendiri dan yakinkan bahwa anda bisa melakukanya dengan baik.

Kesembilan, jadi diri sendiri. Kita perlu menjadi diri sendiri ketika menjadi public speaker, jangan mencoba menjadi orang lain. Maksudnya adalah kita perlu berbicara secara santai, sopan dan menarik ala diri kita sendiri.

Kesepuluh, berdo’a. Dengan berdoa, kita telah menyerahkan segala ikhtiar yang sudah kita persiapkan untuk selalu mendapat pertolongan Tuhan. Dengan sikap berpasrah ini maka hati menjadi lebih tenang dan tidak ada beban ketika presentasi.

Kesebelas, perbanyak jam terbang. Seseorang yang memiliki jam terbang tinggi dalam suatu bidang akan menjadikanya semakin ekspert di bidang tersebut. Kita bisa menambah jam terbang dengan mulai memberanikan diri berbicara di forum-forum kecil seperti, diskusi kelompok, kelas, atau rapat dan lain sebagainya.

Demikianlah 11 langkah sukses public speaking. Semoga bermanfaat bagi kita, jangan lelah untuk terus berlatih dan belajar. Jangan takut mencoba, karena kita tidak pernah tau sebelum mencoba.

COMMENTS

Name

1000 Masjid,2,Belajar,53,Ceritaku,41,Cinta,3,Diri,13,Gaya Hidup,4,Hiburan,11,Islam,6,Komunikasi,20,Manajemen,9,Motivasi,27,Psikologi,2,Public relations,15,Sahabat,5,Sosial,13,Tips,33,Travel,4,Trending,9,Tutorial,2,
ltr
item
Catatan Sinine: 11 Langkah Sukses Public Speaking
11 Langkah Sukses Public Speaking
salah satu hal yang dapat mendukkung kesuksesan adalah skill public speaking. Ini adalah 11 Langkah Sukses Public Speaking yang dapat membantu kita mencapai kesuksesan public speaking.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhCa25ur3ngrAplbzjAy52_pCD2ju-qbeWjT0Lr_rp9x3X1Nl77Zeuu1O5Wa-72UttEW5-DrW2XPcUy0hyIGB7YK__R7iDyh3sLBuQH_kxJMfb7oEZJ_8TVXiuqfC6-2ff4WkQeY0_cU64W/s320/is.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhCa25ur3ngrAplbzjAy52_pCD2ju-qbeWjT0Lr_rp9x3X1Nl77Zeuu1O5Wa-72UttEW5-DrW2XPcUy0hyIGB7YK__R7iDyh3sLBuQH_kxJMfb7oEZJ_8TVXiuqfC6-2ff4WkQeY0_cU64W/s72-c/is.jpg
Catatan Sinine
https://catatansinine.blogspot.com/2017/05/sukses-public-speaking.html
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/2017/05/sukses-public-speaking.html
true
6835835787765942029
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy