Sudahkah Waktu Kita Bermakna?

bagaimana membuat waktu yang bermakna dalam hidup tergantung bagaimana kita memperlakukan waktu


Sudahkah Waktu Kita Bermanfaat?

Kali ini kita akan membicarakan tentang waktu dan bagaimana kita memperlakukan waktu yang kita miliki dan yang telah kita lalui.  Setiap orang tentu memiliki cara yang berbeda dalam memanfaatkan waktu yang dimiliki. namun sebelum kita membahas waktu lebih jauh, simak beberapa quote berikut ini:




Jangan memperhatikan sesuatu yang tidak mungkin anda tunaikan. Sebagai gantinya, isilah waktu anda dengan berusaha memperbaiki sesuatu yang mampu anda lakukan.
(DR. Aidh Al Qarni)


When one door closes another door opens; but we so often look so long and so regretfully upon the closed door, that we do not see the ones which open for us.
(Alexander Graham Bell)


It takes 20 years to build a reputation and five minutes to ruin it. If you think about that, you’ll do things differently.
(Warren Buffett)


Tuhan memberikanmu hadiah 86.400 detik dalam sehari.Apakah kamu sudah menggunakan setidaknya sedetik untuk mengucap syukur untuk itu?
(William Arthur Ward)


One of the best lessons that anyone can learn in life is how to use time wisely
(William A. Irwin)

Apa pendapat anda tentang "WAKTU", suatu anugerah atau justru pengekang hidup? 
Tuhan menganugerahi waktu 24 jam sehari bagi setiap orang untuk beraktivitas dan menikmati hidup. Sudah cukupkah ? Apakah kita sering merasa kekurangan waktu, bahkan seolah-olah hidup kita begitu dikendalikan oleh waktu ? 

Ketika jam alarm berbunyi, kita harus segera bangun dan bersiap ke sekolah, kampus atau tempat kerja, jika tidak kita akan terlambat. Padahal mata masih terasa berat dan tubuh masih ingin menikmati kasur yang empuk. Kita harus bekerja keras untuk menyelesaikan setumpuk tugas-tugas, karena deadline waktu yang tidak boleh kita langgar. Kita harus menghafal banyak bahan pelajaran karena tiba waktu untuk ujian. Bahkan kita harus mulai memikirkan kuliah, kerja, menikah, pensiun, dan sebagainya. Karena sudah tiba waktu untuk semua itu. Jadi sebenarnya seberapa "berkuasanya" waktu itu?

Waktu dapat menjadi pengekang hidup, jika kita membiarkan diri dikendalikan olehnya, tapi waktu menjadi suatu anugerah, jika kita mampu mengendalikan dan mengelolanya dengan bijaksana serta melihatnya sebagai kesempatan untuk mengalami hal-hal yang bermakna. Jadi, kita yang memegang kendali atas waktu, bukan waktu yang mengendalikan kita. 

Sudahkah anda membuat waktu anda bermakna ?
Sebelum membahas lebih jauh tentang manajemen waktu, kita perlu memahami dua pengertian tentang waktu, yaitu sebagai kronos dan kairos. 

Kronos adalah waktu-waktu yang kita jalani, misalnya Senin, Selasa, sehari, sebulan, setahun. Seringkali kita menggunakannya pada istilah kronologis. Sedangkan kairos adalah waktu yang bermakna bagi kita. Dari usia 0 tahun hingga 17 tahun kita menjalani kronos, tapi dalam kurun waktu itu pasti ada saat-saat penting yang membawa kesan tersendiri bagi kita, misalnya saat pertama masuk sekolah, saat bertengkar dengan sahabat, saat pertama kali jatuh cinta, saat gagal di ujian, saat menjadi juara di pertandingan olahraga. Bagaimana reaksi kita pada saat itu dan bagaimana kita menghadapinya? Pelajaran apa yang kita peroleh dari peristiwa itu ? Itulah kairos, saat-saat bermakna dalam perjalanan hidup yang membentuk karakter diri kita.

Kairos tidak harus berupa peristiwa besar, mungkin hanya peristiwa kecil / sepele, tapi yang penting kita bisa belajar sesuatu dari peristiwa itu. Intinya, marilah kita belajar peka untuk melihat makna dibalik peristiwa. Ada perbedaan besar antara orang yang hanya sekedar menjalani kronos dengan orang yang mampu melihat kairos-kairos dalam hidupnya. 

Orang yang mampu memahami waktu sebagai kairos, melihat hidup sebagai kesempatan
Hidup bukan sekedar untuk hidup yang dijalani begitu saja tanpa makna. Kesempatan untuk mengalami suka dan duka, sukses dan gagal, yang memproses diri kita menjadi pribadi yang matang dan tangguh. Kesempatan untuk mengisi hidup ini dengan banyak hal yang bermakna.. 

Kita masuk perguruan tinggi selama 4 atau 5 tahun, apakah hanya untuk mendapat gelar sarjana ? Harus lebih dari itu, waktu-waktu itu akan menjadi kesempatan untuk meraih kairos-kairos. Kesulitan ketika belajar, kegagalan di ujian, pertemuan dengan orang serta lingkungan yang baru, adalah kesempatan untuk belajar menjadi pribadi yang lebih ulet, lebih punya kontrol diri, lebih mampu menyesuaikan diri dan sebagainya. Sudahkah anda mengubah kronos menjadi kairos ?

COMMENTS

BLOGGER: 1

Name

1000 Masjid,2,Belajar,53,Ceritaku,41,Cinta,3,Diri,13,Gaya Hidup,4,Hiburan,11,Islam,6,Komunikasi,20,Manajemen,9,Motivasi,27,Psikologi,2,Public relations,15,Sahabat,5,Sosial,13,Tips,33,Travel,4,Trending,9,Tutorial,2,
ltr
item
Catatan Sinine: Sudahkah Waktu Kita Bermakna?
Sudahkah Waktu Kita Bermakna?
bagaimana membuat waktu yang bermakna dalam hidup tergantung bagaimana kita memperlakukan waktu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjmnlQ8alSbhiE8fUqTqixj2uqYWLK_cq5NQoSgLr6Srj-nEnX8hlC29wxEGM4x0C25v5TTAKpglVz_-WJ_TDpe9zd5mhDPoM6gjchZ-GI9QjkTlfTeVQL_8afd2C6tlnCO8AkZHlXRPT4B/s320/is.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjmnlQ8alSbhiE8fUqTqixj2uqYWLK_cq5NQoSgLr6Srj-nEnX8hlC29wxEGM4x0C25v5TTAKpglVz_-WJ_TDpe9zd5mhDPoM6gjchZ-GI9QjkTlfTeVQL_8afd2C6tlnCO8AkZHlXRPT4B/s72-c/is.jpg
Catatan Sinine
https://catatansinine.blogspot.com/2017/05/sudahkah-waktu-kita-bermanfaat.html
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/
https://catatansinine.blogspot.com/2017/05/sudahkah-waktu-kita-bermanfaat.html
true
6835835787765942029
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy